Pengendalian Hama dan Penyakit Ikan Budidaya

Sumber:"Mahasiswa Politnik KPP kupang Penulis : Agustina Duru /22.3.06.087 Prodi :Teknik Budidaya Perikanan _TBP-C/II Dosen : Riris Yuli Valentine S.Pi M.p

SERGAP.CO.ID

OPINI, || Kegiatan budidaya ikan. baik jenis ikan konsumsi ataupun ikan hias merupakan kegiatan yang mempunyai resiko tinggi karna ikan merupakan mahluk bernyawa yang kapan saja mengalami kematian.

Salah satunya penyebabnya seperti gagal dalam kegiatan budidaya ikan ini adalah faktor penyebab munculnya penyakit pada budidaya ikan merupakan resiko biologis yang harus selalu diantisipasi.

Munculnya penyakit pada ikan umumnya merupakan hasil interaksi kompleks/tidak seimbang antara tiga komponen dalam okosistem perairan yaitu inang (ikan) yang lemah, patogen yang ganas serta kualitas lingkungan yang memburuk,Namun banyak para pembudidaya yang masih belum paham apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Untuk itu, para pembudidaya perlu memahami bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit ikan pada ikan yang dibudidayakannya karena bagaimanapun upaya pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

Pengendalian hama dan penyakit ikan dimaksudkan untuk mengendalikan serangan dan penyebaran penyakit.

Beberapa hal dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan vaksinasi ikan, monitoring penyakit ikan, penyusunan sebaran peta penyakit ikan, penyusunan pedoman vaksinasi dan harmonisasi peraturan perundang-undangan tentang penyakit ikan.

Namun hal yang paling penting adalah masyarakat pembudidaya ikan perlu memahami berbagai macam hama dan penyakit ikan, faktor penyebab, cara pencegahan serta bagaimana mengatasinya apabila ikan yang dibudidaya telah terjangkit suatu penyakit.

Pengadalian hama dan penyakit sangat di perlukan dalam kegiatan budidaya dan juga sangat di perlukan untuk mencegah terjadinya kerugian oleh pembudidanya dan kerugian bagi orang banyak akibat mutu rendah dan penyakit yang menyerang. Untuk itu perlu di lakukan pemberantasan hama dan penyakit dengan baik terutama pada saat pengolahan pada tambak.

Adanya hama di dalam tambak sangat merugikan bagi bagi para pembudi daya dan spesies itu sendiri. Untuk itu para pembudi daya juga perlu memahami lebih jenis-jenis hama yang dapat menggangu. Dan dengan di ketahui jenis-jenis hama tersebut maka kegiatan pembudi daya dapat mencegah dan memberantasnya dengan memberi obat sesuai dengan jenis hama yang di ketahui begitu pulau dengan penyakit yang sangat merugikan penyebab ikan /udang mati secara mendadak dalam jangka waktu yang singkat .(

Sumber:”Mahasiswa Politnik KPP kupang
Penulis : Agustina Duru /22.3.06.087
Prodi :Teknik Budidaya Perikanan _TBP-C/II
Dosen : Riris Yuli Valentine S.Pi M.p

(**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.