Peran Aktif Masyarakat Di SMP Negeri1 Hantara Memberikan Dampak Signifikan Terhadap Hasil Proses Pendidikan

Caption : Kepala sekolah, SMPN 1 Hantara Kuningan Nana Nanek S.Pd

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || SMP Negeri1 Hantara Kecamatan Hantara merupakan salah satu sarana pendidikan formal yang memerlukan banyak dukungan Peran serta masyarakat atau disingkat PSM dalam pendidikan memberikan dampak signifikan terhadap hasil proses pendidikan. Awal mula pendidikan dimulai dari keluarga sebelum masuk jalur pendidikan formal.

Kepala sekolah, Nana Nanek S.Pd mengungkapkan peran aktif masyarakat sekitar sekolah sangat menentukan kemajuan sekolah. Ketika siswa telah masuk jalur pendidikan formal bukan berarti tanggungjawab pendidikan sepenuhnya berpindah ke tangan guru pendidik di sekolah, namun peranan orangtua tetap sangat menentukan tingkat perkembangan anak dalam menempuh pendidikan ‘.Ujarnya Senin 27/03/2023..

Selanjutnya, perlu menyadari pentingnya warga di sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, SMPN 1 Hantara terutama Fasilitas sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Fasilitas sekolah yang dimaksud adalah sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. “Katanya.

“Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidiakan sesuai dengan pertumbuhhan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik “. Dengan demikian maka sarana dan prasarana syarat mutlak yang harus ada baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun non-formal yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.

Seiring dengan kemajuan dan perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi , maka kebutuhan akan sarana dan prasana tidak sebatas dengan ruang kelas yang memadai, halaman yang cukup untuk melaksanakan kegiatan olah-raga dan sebagainya, namun kata sarana dalam kontek pembelajaran berkembang menjadi berbagai macam fasilitas baik yang menyangkut alat / media proses pembelajaran yang berupa teknologi yang sudah amat berkembang sangat pesat.

Sehingga kebutuhan akan semua fasilitas tersebut menjadi penting untuk diwujudkan, baik sebagai media pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Tidak hanya sebagai media pembelajaran namun kebutuhan akan juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sistem informasi sekolah, administrasi sekolah, perpustakaan digital dan kebutuhan lainnya.

Selain itu perlu juga memaparkan prestasi – prestasi yang telah diraih oleh siswa / siswi SMP Negeri 1 Hantara baik dalam bidang akademik maupun Non Akademik. “Pungkasnya.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.