Pemerintah Kabupaten Kuningan Menggelar Musrenbang Dalam Rangka Menyusun RKPD Tahun 2024

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka menyususn Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kab. Kuningan, dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH., yang ditandai dengan pemukulan gong.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kuningan, H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., Sekda Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Ketua dan sejumlah Anggota DPRD Kab. Kuningan, Forkopimda Kab. Kuningan, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Kabag dilingkup Setda Kuningan, para Kepala SKPD, dan para Camat. Hadir pula, pimpinan perguruan tinggi, BUMN, BUMD, Pimpinan Instansi Vertikal di wilayah Kabupaten Kuningan, serta sejumlah pimpinan Organisasi Kemasyarakatan.

Kepala Bappeda Kab. Kuningan, Ir. Usep Sumirat, selaku penyelenggara dalam laporannya menjelaskan, Musrenbang RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.

Adapun tujuan Musrenbang RKPD, dikatakan Usep, untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, serta membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Selain itu, sambungnya, juga untuk menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

“Adapun tema pembangunan tahun 2024 yang sekaligus menjadi tema Musrenbang RKPD 2024 adalah Menciptakan Sumber Daya Manusia Birokrasi dan Masyarakat Yang Sehat, Unggul dan Produktif. Tema dan arahan pembangunan ini sudah kami sosialisasikan ke perangkat daerah sebagai bahan penyusunan rencana kerja SKPD 2024.” Ungkap Usep.

Dari pelaksanaan Musrenbang ini, Usep berharap dapat menyempurnakan Rancangan RKPD tahun 2024 yang telah disusun bersama, dengan adanya masukan dan penajaman dari seluruh stakeholders pembangunan di Kabupaten Kuningan, sehingga menghasilkan produk perencanaan pembangunan yang akurat, terukur dan berpihak pada kepentingan masyarakat.

Sementara, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang RKPD 2024 akan fokus pada prioritas pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Bupati menyebut, angka kemiskinan mengalami penurunan dari 13,10 persen pada tahun 2021 menjadi 12,76 persen pada tahun 2022.

“Angka penurunan kemiskinan di Kabupaten Kuningan menunjukkan tren yang baik dimana semakin berkurang di tahun 2022. Namun ini masih perlu kita prioritaskan,” kata Bupati.

Menyoroti masalaha pengangguran, Bupati Acep mengemukakan, berdasarkan data Kabupaten Kuningan dalam angka 2023, persentase angkatan kerja terhadap penduduk usia kerja adalah sebesar 61,80 persen atau sejumlah 530.825 orang. Dari jumlah tersebut, 52.075 orang lainnya merupakan pengangguran terbuka.

“Kita juga, akan terus menggenjot Indek Pembangunan Manusia di Kabupaten Kuningan melalui peningkatan rata-rata lama sekolah, kualitas pendidikan, dan kesehatan. Mohon agar perangkat daerah terkait menjadikan ini sebagai salah satu prioritas yang harus ditangani,” ucap Bupati.

Selanjutnya Bupati Acep meminta, semua perangkat daerah fokus untuk tercapainya target kinerja tahun 2023, dengan mengutamakan kerjasama dan koordinasi dengan baik. “Tahun 2023, adalah tahun terakhir Saya dan Pak Ridho sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kuningan. Untuk itu saya berharap, seluruh target kinerja pemerintah daerah dapat tercapai dengan baik, untuk Kabupaten Kuningan yang lebih baik dan masyarakat yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan dokumen Rencana Pembangunan Daerah 2024 oleh Kepala Bappeda kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD 2024.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.