Kalapas Lumajang Gandeng Puskesmas Rogotrunan Gelar Vaksinasi Boster 2 Perkuat Daya Daya Tahan Kesehatan Petugas dan WBP

SERGAP.CO.ID

KALAPAS LUMAJANG, || Petugas Lapas Lumajang Kelas IIB Lumajang terima vaksinasi dosis keempat (booster kedua) pada Rabu (15/03/2023) pagi. Injeksi vaksin dilakukan di Puskesmas Rogotrunan.

Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Lumajang menyadari akan beberapa hak dasar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang dibina di dalam Lapas. Salah satunya adalah hak atas perawatan kesehatan WBP selama di dalam lapas, untuk itu hari ini telah dilaksanakan Vaksinasi Booster 2 untuk seluruh WBP & Tahanan Lumajang.

Menurut Edi, kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi Lapas Lumajang dalam rangka vaksinasi bagi pelayan publik. Serta sebagai antisipasi pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Lapas Pemuda Kelas IIB Lumajang.

Sebanyak 125 WBP dan 52 Pegawai Lapas Lumajang yang telah di vaksin.
Lebih lanjut dirinya mengatakan, bahwa booster kedua ini memiliki efek ringan seperti saat vaksin booster pertama. Seperti, nyeri pada lengan, demam dan sakit kepala.

“Efek samping yang muncul setelah pemberian vaksin merupakan indikasi bahwa sistem imun merespon suntikan vaksin tersebut. Ya jika kebas atau ngilu bisa minum paracetamol, istirahat yang cukup,” tambahnya sembari menyebut jenis vaksin yang digunakan adalah Pfizer.

Kegiatan vaksinasi yang dilakukan Lapas Lumajang berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor PAS-UM.01.01-01 TAHUN 2021 tentang Persiapan Pelaksanaan Vaksin Covid 19 di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

(Iwan/Hms)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.