Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah SSTP. M.E Meninjauan Pelaksanaan Operasi Katarak di Rumah Sakit Dewi Sartika Kawalu

SERGAP.CO.ID

KOTA TASIKMALAYA, || Bertempat di Rumah Sakit Dewi Sartika, Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah SSTP. M.E melakukan Peninjauan Pelaksanaan Operasi Katarak di Rumah Sakit Dewi Sartika, Tasikmalaya. Hari ini, Selasa 7 maret 2022. Tindakan operasi ini dilaksanakan secara gratis dan merupakan kegiatan rutin tiap tahun dengan menggunakan anggaran dari APBD.

Diketahui kegiatan ini bekerja sama dengan Cicendo, Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan AO Care untuk konseling dan kebutuhan lainnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya tercatat sebanyak 1114 orang penderita katarak di Kota Tasikmalaya mulai dari katarak ringan hingga berat. Untuk hari ini dilakukan operasi dengan mengutamakan masyarakat miskin dan yang hari ini dioperasi sebanyak 100 orang. Untuk sisanya akan segera diupayakan untuk diselesaikan.

Sebelumnya penderita katarak ini diarahkan oleh Puskesmas kemudian diperiksa dan dilakukan skrining. Jika katarak masih masuk kategori ringan maka akan diberikan obat dan jika butuh penanganan lebih serius maka dianjurkan untuk tindakan operasi.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Data di Kota Tasikmalaya untuk kasus katarak ini selalu muncul kasus baru, jumlah dalam setiap tahun tidak selalu sama. Seperti saat ini selama 6 bulan tercatat 100 orang penderita, diharapkan semoga kedepannya dapat berkurang. Hal ini sangat diperhatikan karena katarak dapat mengganggu penglihatan dan tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Tasikmalaya menginstruksikan untuk segera mengkaji dan menyelesaikan kasus katarak di Kota Tasikmalaya.

(**)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.