Pemkab Kuningan Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi Penderita Panyakit Katarak

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Guna mempercepat penanggulangan kebutaan akibat katarak, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Linggajati menyelenggarakan Operasi katarak bagi para penderita panyakit katarak dengan pembiayaan sepenuhnya secara gratis. Dilaksanakan di lantai 2 RSUD Linggajati, Kecamatan Cilimus, pada Selasa (28/02/2023).

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H.,M.H ditemani oleh Direktur RSUD Linggajati, dr. H. Edi Martono MARS, meninjau pelaksanaan Operasi katarak tersebut dimana kegiatan itu dapat terselenggara atas kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rumah Sakit Mata Cicendo, Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Jumlah pasien yang datang untuk operasi katarak adalah sebanyak 57 pasien, namun karena disebabkan oleh berbagai hal seperti tensi tinggi, gula tinggi atau non katarak, pasien yang ditindak menjadi sebanyak 47 pasien yang notabene kebanyakan para lansia.

Bupati Acep dalam tinjauan tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan ini dapat terselenggara atas dasar terwujudnya pelayanan kesehatan gratis dan prima yang dapat diakses oleh masyarakat.

“Operasi ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak khususnya di Kabupaten Kuningan dan mengatasi backlog kasus katarak di Indonesia” tandasnya.

Bupati Acep mendorong agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Penglihatan yang sehat merupakan karunia, kami ingin membantu mereka yang kurang mampu untuk menikmati karunia itu. Kami sangat berharap dengan adanya operasi katarak ini, jumlah orang yang mengalami kebutaan akibat katarak secara perlahan dapat dikurangi. Sehingga masyarakat dapat kembali beraktifitas secara normal dan produktif, yang pada akhirnya akan berdampak pada aktifitas perekonomian yang kembali bergerak” Tutup Acep.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.