H. Acep Purnama, S.H., M.H Menerima Penghargaan “Lencana Bakti Ekonomi Desa” Kategori Kepala Daerah Pembina Bumdes Terbaik Tingkat Nasional dari Kemendes PDTT

SERGAP.CO.ID

KAB. KUNINGAN, || Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, S.H., M.H menerima penghargaan “Lencana Bakti Ekonomi Desa” Kategori Kepala Daerah Pembina Bumdes terbaik tingkat nasional dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dalam Peringatan Hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) di Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis (02/01/2023) malam.

“Penghargaan itu menjadi bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mendorong BumDesa menjadi penggerak perekonomian di Desa. Untuk ke depannya, BUMDesa tentu harus lebih profesional dalam menjalankan usahanya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada segenap Stakeholder yang telah bekerja sepenuh hati dalam rangka mewujudkan BUMDesa berdikari dan maju” Ungkap Bupati Kuningan usai menerima penghargaan ditemani oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, Direktur BUMDes Aryakamuning, Iim Ibrahim dan Kepala Desa Kaduela Kec pasawahan, M. Toyib.

Penghargaan Lencana Bakti Ekonomi Desa juga diberikan kepada 24 kabupaten di Indonesia dengan berbagai kategori yang berbeda.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar menyatakan saat ini ada 60.147 BUMDesa telah berdiri di Indonesia. Sementara, dari jumlah tersebut sebanyak 12.306 sudah berbadan hukum. Pihaknya berharap BUMdesa bisa membangun konektivitas perekonomian.

“Saya yakin kalau BUMDesa bersinergi akan menjadi daya ungkit ekonomi yang luar biasa. Ekonomi bangkit dari desa. BUMDesa harus berperan sebagai penguat ekonomi desa, inkubator bisnis desa, serta dinamisator ekonomi warga masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, dengan bangga sejak 2 Februari 2023 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau saya nyatakan 2 Februari sebagai Hari BUMdesa Nusantara,” Kata Abdul Hakim Iskandar memberikan sambutan.

Perayaan Hari BUMDesa Nusantara yang perdana itu berlangsung meriah. Selain penghargaan kepada pemerintah desa, kabupaten, hingga Provinsi juga diberikan kepada para penggerak BUMDesa dan BUMDesa inspiratif. Kemudian, acara juga dimeriahkan expo produk unggulan BUMDesa dari berbagai daerah, juga pesta rakyat dan pagelaran seni.

(Agus M)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.