Bawaslu Ciamis Monitoring Tes Calon PKD Kecamatan Banjaranyar

SERGAP.CO.ID

KAB. CIAMIS || Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Ciamis lakukan monitoring kegiatan tes wawancara untuk seleksi calon Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) yang dilakukan oleh Panitian Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Banjaranyar Kabupaten Ciamis – Jawa Barat.

Mernurut Arif Ridwan salahsatu staf Bawaslu Kabupaten Ciamis, selain melakukan monitoring dirinya ditugaskan membawa pasword untuk membuka soal tes para calon PKD. (Rabu, 01 Februari 2023).

“Kami diberi mandat oleh pimpinan untuk melakukan monitoring sekaligus membawa pasword daripada soal yang sudah diberikan terlebihdahulu kepada panwascam” ungkapnya.

“Karena mekanismenya soal diberikan dari kabupaten untuk jadi acuan tes wawancara bagi para calon yang ikut seleksi tes PKD dibuka 15 menit sebelum pelaksanaan dimulai” terang Arif.

“Hal tersebut guna menjaga kerahasiahan serta terjadinya kebocoran soal terhadap para calon yang ikut seleksi” imbuhnya.

Ditempat yang sama ketua Panwas Kecamatan Banjaranyar Tohaji, S.Ag. menyampaikan pelaksanaan tes wawancara untuk calon PKD dilaksanakan selama dua hari.

“Untuk pelaksanaan tes wawancara calon PKD kita laksanakan selama dua hari, dimulai hari kemarin dan sekarang hari ke-2. Yang pertama lima desa dan hari kedua lima desa” ujarnya

“Alhamdulillah tingkat hehadiran peserta yang mengikuti tes dari 35 orang yang mendaftar ada 99 persen peserta hadir dan dapat mengikuti tes” ungkap ketua panwascam banjaranyar.

Ketua Panwascam Banjaranyar menambahkan, salahsatu soal yang dipertanyakan terhadap peserta adalah visi misi serta alasan mendaftar untuk PKD.

“Untuk tes kami pertanyakan dulu apa visi misi mereka mau daftar menjadi PKD, selain itu kami tanyakan juga pengetahuan para peserta tetang pengetahuan kepemiluan, itegritas dan pengetahuan lokal” katanya.

“Yang dimaksud pengetahuan lokal, mereka yang nantinya akan menjadi pengawas desa minimal mengetahui ada berapa dusun di desa yang mereka awasi. Calon PKD juga harus mengetahui batas batas desa, dusun dan tau stakeholder di desanya masing masing” jelas Tohaji.

Ketua panwascam banjaranyar berharap siapapun yang terpilih dapat membantu kami dalam bekerja.

“Semoga yang terpilih nanti dapat menjadi kepanjangan tangan bawaslu dan panwascam dalam melaksanakan tahapan tahapan pemilu sampai pleno dan besungguh sungguh dalam melaksakan tugasnya sebagai PKD” pungkasnya.

(Cemoy)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.