Atasi Dampak Ekonomi Covid-19, Anggaran Nagari Jadi Solusi

SERGAP.CO.ID

PESISIR SELATAN, — Anggaran nagari atau desa tahap I bagi 182 nagari di Pesisir Selatan sudah cair, minus 6 nagari dalam proses transfer.

Bupati Hendrajoni meminta kepada para Walinagari agar segera memanfaatkan dana tersebut untuk pekerjaan padat karya, seperti pengerasan jalan nagari, pembuatan tali bandar dan kegiatan fisik.

“Sehingga upah yang diberikan kepada pekerja lokal setempat dapat segera dimanfaatkan” jelas Bupati, Senin, 6/04.

Bupati lebih jauh memerintahkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan agar memantau pelaksanaan dilapangan.

“Terkait pelaksanaan ini agar segera ditinjau kelapangan, dan pastikan nagari dapat memanfaatkan dana nagari dengan sebaik-baiknya” sebut Hendrajoni.

Sementara itu, Kadis PMDPPKB Wendi didampingi Kabid Pemerintahan Nagari, Yefrizal juga tengah menyisir anggaran pembangunan nagari untuk kemudian mengintruksikan secara khusus kepada para wali nagari agar segera manfaatkan dana nagari.

“Nagari agar segera memakai anggaran pembangunan fisik itu untuk menggerakkan ekonomi rakyat” jelas Wendi

Menurut Wendi Anggaran Nagari/DD total Rp.169 Millyar dialokasikan untuk 182 nagari dan membiayai 5 bidang, salah satunya bidang pembangunan nagari, pada subbidang Pekerjaan Umum dan Tata Ruang.

“Subbidang ini menyediakan anggaran pembangunan berupa fisik antara Rp300 – Rp600 juta” sebut Wendi.

(Wempi Hardi)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.