Sudah Padam, BPBD Karawang Tetap Pantau Kebakaran di Karawang Selatan

SERGAP. CO.ID,

KARAWANG, – Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Karawang tetap memantau situasi Gunung Sirnalanggeng dan Gunung Cengkik, meski kebakaran di dua gunung tersebut sudah padam “Laporan petugas di lapangan, kondisi sudah aman terkendali, api sudah padam. Namun tetap dalam pantauan Satgas BPBD Tegalwaru,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Karawang Ruchimat, Kamis (24/10/2019).

Oleh karenanya, kata Ruchimat, pada Rabu (23/10/2019) malam dilakukan penutupan operasi SAR pemadaman api di Gunung Cengkik dan Gunung Sirnalangeng.

“Karena sudah aman, petugas yang melakukan penanganan diistirahatkan,” katanya.

Kebakaran di dua gunung di Pengunungan Sanggabuana tersebut terjadi sejak Senin (21/10/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. Sekitar 50 hektare lahan yang sebagian besar ditumbuhi pohon bambu dan ilalang hangus terbakar.

Kebakaran tersebut dinilai akibat suhu yang mencapai 36 derajat celcius yang melanda wilayah Karawang selatan itu. Selain suhu tinggi, kebakaran meluas dipicu angin bertiup kencang dan lahan kering di wilayah Pegunungan Sanggabuana didominasi pohon bambu dan ilalang.

Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana pada Selasa (22/10/2019) dini hari turun langsung memantau kebakaran di dua gunung tersebut, dengan membonceng motor. Bupati mengajak warga bersama-sama petugas siaga terhadap kebakaran.

(Ahmad z)

Pos terkait

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.